Cara Membuat Tabel Dalam Halaman Posting Blog Bagian 2

10/22/2012
Tabel dapat menjadi salah satu alat untuk menjelaskan apa yang disampaikan dalam tulisan agar lebih cepat dipahami pembaca. Tabel terdiri dari baris dan kolom ini tidak hanya dapat dibuat dalam microsoft office atau aplikasi/software lainnya akan tetapi juga dapat pada media online internet blog.

Tabel yang dibuat secara online ada salah satunya deikenal dengan stilah tabel visual. Selain berbentuk visual data tabelnya dapat dikendalikan pengunjung online internet yang mengakses tabel tersebut tanpa mempengaruhi data serta bentuk tabelnya.

Cara membuat tabel seperti menggunakan software apilkasi microsoft office sangat berbeda jauh sekali dengan membuat tabel pada media online internet blog.

Jika membuat tabel dalam microsoft Office (Excel dan word) setiap lembaran kerja aktif sudah tersedia tool (tab) yang dapat dipergunakan untuk membuat garis pembatas tabel (baris dan kolom). Sementara membuat garis pembatas tabel pada MOIB (media online internet blog) harus menggunakan kode.

Pada artikel sebelumnya saya sudah membuat tips membuat tabel dalam blog. Namun terdapat perbedaan dengan tabel yang dibuat menggunakan kode ini. Tampilant Tabel yang dibuat menggunakan kode ini terlihat hampir sama seperti tabel dalam micorosoft office excel dan aplikasi database access.

Sementara kelebihan tabel yang dikenal dengan istilah tabel online internet visual ini data tabel yang terlihat pada halaman posting dapat disortir pengunjung online internet dengan bebas. Sortir data yang dilakukan pengunjung (pengakses tabel) tidak merubah bentuk serta konten data tabel.

Sebelum membuat tabel langkah pertama yang dilakukan adalah menempatkan kode pendukung untuk Cara menempatkan kode untuk membuat tabel dalam media online internet blog dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Sign in di blog
  2. Klick Template pada halaman Dasbor blogger
  3. Klick Edit HTML
  4. Klick Lanjutkan
  5. Cari kode </head>
  6. Tempatkan kode dibawah ini pada di atas kode di atas (</head>)
  7. Klick Simpan template untuk menyimpan perubahan
  8. Klick Tutup untuk kembali halaman Tata Letak Bogger
Ini kodenya:
Di atas telah dijelaskan tempat menempatkan kode dan sekarang akan dilanjutkan step membuat tabel dalam blog. Cara membuat tabelnya sebagai berikut:
  1. Buka judul posting baru atau posting yang akan dibuat tabel
  2. Klick HTML pada halaman edit posting
  3. Buatkan atau juga bisa copy dibawah ini untuk membuat tabel
  4. Klick Simpan. Langkah ini untuk memastikan perubahan edit posting yang telah dilakukan
Kode pada halaman posting blog

Keterangan:
  • Nama dan Umur adalah judul kolom tabel
  • Nama dan umur adalah data baris tabel
Setelah melakukan step yang dijelaskan di atas tabel tidak dapat dilihat masih pada halaman edit posting. Dan walaupun blogger sudah berada pada halaman edit posting blog Compose tabel yang terbuat dari hasil kode belum dapat terlihat.

Untuk melihat tampilan live-nya dapat melihat pada halaman posting ini dibuat secara online internet.

Artikel lainnya
Cara Membuat Tabel Database Aplikasi Microsoft Access Cara Membuat From Aplikasi Database Aplikasi Microsoft Access Cara Membuat Simple Query Wizard Aplikasi Microsoft Access
Cara membuat Report Database Aplikasi Microsoft Access 2007
Ronamasa