Cara Menghilangkan Teks < br / > Dalam Kolom Textarea Blog

10/20/2012
Teks are (textarea) adalah teks yang dibuat/ditulis dalam kolom berbentuk elastis. Kolom textarea dapat dirubah-rubah bentuknya oleh pengguna lainnya. Walaupun bentuknya dapat dipebesar atau diperkecil dan atau bahkan konten teks yang ada didalamnya dapat dihapus (cut) pengguna lain tetapi tidak mempengaruhi bentuk asli yang telah dibuat penulis sebelumnya (pemilik).

Menulis teks dalam kotak yang hampir menyerupai bentuk kotak scroll widget ini kadang sering kita mengalami kesulitan. Problem yang dijumpai adalah muncul teks <br /> dalam kolom textarea.

Teks </br /> dalam kolom/kotak teks area akan muncul khususnya ketika akan menulis teks yang ditempatkan pada kolom Area tersebut terpisahkan spasi (enter). Apalagi pengelola media online internet blog menggunakan pilihan tekan enter sebagai pemisah jarak paragraf dalam membuat posting blog.

Terkait dengan hal itu pada posting ini akan saya berikan tips cara menghilangkan teks <br />. Sementara cara membuat kolom textarea, penulisannya sebagai berikut:

<textarea>Cara Membuat Kolom Textarea</textarea>

Hasilnya teks di atas akan terlihat seperti di bawah ini.

Tampilan teks area yang hanya terdiri dari satu baris saja (tanpa tekan enter)


Tampilan teks area yang terdiri dari lebih satu baris yang dipisahkan dengan tekan enter

Teks dalam kolom textarea tidak hanya dapat dibuat seperti yang terlihat pada halaman posting ini. Akan tetapi, juga dapat diatur jika terkena sorot pointer mouse komputer akan langsung terblok otomatis seluruh teks yang ada didalamnya. Perbedaan hasil ini tampilan terletak pada cara penulisannya. Teks yang terdapat dalam kotak textarea hanya dapat dirubah menggunakan tampilan edit posting HTML saja.

Sementara cara menghilangkan teks <br /> dalam kolom textarea yang baris kalimatnya terpisahkan tekan enter dapat dilakukan dengan dilangkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
  1. Klick Pilihan sebelum memulai menulis teks atau kode yang ditempatkan pada kolom textarea yang terdiri dari beberapa baris yang sengaja dipisahkan dengan tekan Enter. Form ini berada disebelah kanan halaman edit posting
  2. Tandai Gunakan tag <br>
  3. Pilihan Edit Posting blog
  4. Klick Selesai untuk menyimpan perubahan
  5. Klick HTML yang berada di kiri atas halaman edit posting untuk memulai menulis teks area
  6. Klick Compose untuk melihat hasilnya.
Jika ingin mengatur besar kolom area tempatkan kursor pada kanan bawah kolom textarea kemudian klick kanan lalu tarik sesuai ukuran kolom yang diinginkan. Jika sudah menentukan besar ukurannya lepas klick kanan.

Pengaturan yang dilakukan di atas dapat diberlakukan khusus hanya pada halaman tertentu saja. Sementara jika ingin kembali menggunakan tekan enter sebagai pemisah baris redaksi posting lakukan pengaturan ssperti pengaturan yang dijelaskan di atas dengan menandai Tekan "Enter" untuk baris baru.
    Ronamasa