Tokoh Politik dan Selebritis Yang Menyampaikan Ucapan Duka Meninggalnya Taufiq Kiemas

6/09/2013
Taufiq Kiemas suami dari Ketua PDI-P, Megawati Soekarno hari ini meninggal dunia di RS General Hospital Singapura. Beberapa tokoh politik dan selebritis menyampaikan ucapan duka mengetahui kabar meninggalnya Ketua MPR-RI 2009-2014 ini.

Taufik Kiemas
Taufiq Kiemas yang saat ini menjadi Ketua MPR-RI dari PDI-P
(Foto: Republika/Paryogi)
Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan ucapan belasungkawa melalui juru kepresidenan Julian Aldrin Pasha

"Kita kehilangan seorang tokoh bangsa. Lebih jauh nanti akan sampaikan statemen, presiden sampaikan duka mendalam, atas nama bangsa dan negara." kata Julian sebagaimana diberitakan Metrotvnews (8/6)

Taufiq Kiemas lahir di Jakarta 31 Desember 1942 anak dari Tjik Agus Kiemas yang berkerja sebagai Guru berasal dari Palembang. Sedankan ibu yang bernama Hamzathoen Roesyda berasal dari Minangkabau berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Taufiq Kiemas yang menghabiskan masa kecil di Yogyakarta ini terpilih sebagai anggota DPR-RI periode 2009-2014 dari PDI-P pada Daerah Pemilihan Jawa Timur

Taufiq Kiemas meninggal dunia di RS General Hospital Singapura sekitar pukul 18.05 WIB atau 19.05 waktu setempat. Jenazah almarhum yang semayamkan di Kantor KBRI Singapura rencananya akan makamkan di Taman Makam Pahlawan demikian dilaporkan metronews.

Taufiq Kiemas
Taufiq Kiemas (Foto: Antara/vg)
Mantan Wakil presiden RI periode 2004-2009 menyampaikan ucapan belasungkawa ketika masih berada di luar negeri. "Kita kehilangan tokoh bangsa yang sangat memahami, melaksanakan, dan menjaga nasionalisme secara konstitusional," kata Kalla dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Sabtu (8/6/2013) malam demikian dilansir liputan6.com

Di sela kunjungan di Padang, Sumatra Barat, Boediono menggelar jumpa pers untuk menyatakan belasungkawa. Dirinya menganggap peran Taufiq Kiemas sangat penting untuk bangsa Indonesia.

Secara pribadi saya merasa sangat kehilangan Beliau (Taufiq Kiemas) adalah tokoh yang sering memberikan pandangan-pandangan kepada saya dalam rangka pengelolaan bangsa. Beliau sering mengingatkan empat pilar kebangsaan di setiap kesempatan," ujar Wapres RI, Sabtu (8/6) diberitakan metrotvnews.com

"Dia pejuang dalam menegakkan empat pilar kebangsaan seperti Pancasila, NKRI, UUD dan Kebhinekaan, demi kelangsungan hidup bernegara," kata Sidharto Danusubroto anggota Komisi I DPR RI dikutip metrotvnews.com, Sabtu,(8/6)

Gubernutr DKI Jakarta Jokowi menilai Taufik Kiemas adalah sosok yang baik hati. "Selama ini saya dekat dengan beliau, saya kira peninggalan besar beliau untuk bangsa dan negara ini 4 pilar. selain yang lainnya" Kata Jokowi.

Joko Widodo yang lebih dikenal masyarakat nusantara ini dengan sapaan Jokowi memiliki kenangan tersendiri dengan Taufiq Kiemas. Oleh sosok Taufiq Kiemas yang juga dipanggilan TK ini Jokowi adalah obat untuknya.

"Waktu saya terplih sebagai Gubernur DKI, beliau menympaikan pada saya, 'mas saya kemarin sakit, sekarang dapat obat'. Saya tanya obatnya apa? Beliau menyampaikan, 'obanta kamu itu.Kamu kepilih di DKI sekarang saya sembuh, nggak sakit lagi. Gitu," kata Jokowi sambil tersenyum ringan saat ditemui di kediaman Taufiq di Menteng Jakarta, Sabtu (8/6/2013) malam. (Liputan6.com,9/6/2013)

Mantan Menteri Hukum dan HAM era presiden Megawati Soekarnoputri, Yusril Izha Mahendra:

"Dengan perginya Pak Taufik, kita kehilangan seorang putra terbaik bangsa, yang menjadi teladan bagi banyak orang, Untuk Ruh Pak Taufiq, saya mendo'akan: Allahummaghfirlahu warhamhu wa' afihi wa'fu'anhu. Alfatihah ...," tulis Yusril dalam @Yusrilihza_Mhd,Jakarta, Sabtu (8/6/2013)

"Saya pribadi, Pak Taufik adalah seorang kakak yang dengan segala kebaikan hati dan keramahan. Saya bagaikan seorang adik beliau. Beliau benar2 orang baik dengan segala kebaikan hati dan kehangatan pribadinya. Sungguh banyak belaiu membantu saya, materil non materil," ucap Yusril sebagaimana dikutid Liputan6.com Sabtu (8/6).

Menantu presiden SBY Annisa Pohan yang sebelumnya adalah artis seakligus presenter TV menyampaikan belasungkawa,"Turut berduka cita atas kepergian bapak Taufik Kiemas. Smg amal ibadah beliau diterima Allah STW & keluarga diberikan ketabahan," tulis Annisa di akun @annisaPohan sebgaimana diberitakan Liputan6.com

Abu Rizal Bakri menuliskan pada akun twitternya. "Inalillahi wa inailaihi rojiun. Sy dan keluarga besar Partai Golkar turut berduka cita atas meninggalnya pak Taufiq Kiemas. Semoga almarhum mendapat tempat yang baik di sisi Allah. Diampuni dosanya dan diterima segala amal ibadahnya demikian dikabarkan republika.co.id

Keranda Ienazah Taufiq Kiemas
Jenazah Taufiq Kiemas (Foto:Liputan6com/Helmi Fitriansyah)
Putri mantan presiden Indonesia, H.M Soeharto Siti Hardiyanti Rukmana juga menyampaikan rasa duka cita.

"Kami ikut berduka cita atas nama Pak H. Muhammad Soeharto, terutama kepada ibu Mega dan putra putrinya. Semoga arwah beliau diterima disisi Allah dan mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya. dan diampuni dosanya," ungkap Mbak Tutut.(metronews.com, 9/6/2013)

Kita terkejut dan terpukul. Sebagai bangsa, kita kehilangan dia," kata Gayus di rumah duka di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (08/6/2013) malam demikian tulis Kompas.com

"Salah satu kebanggaan hakiki dalam hidup saya adalah ketika saya diberikan karunia Allah SWT untuk menjalin hubungan kemanusiaan dan persarudaraan dengan berrbagai kalangan di Tanah Air, baik dari kalangan bawah sampai atas, baik kalangan pemerintah, politisi, militer, akademisi, agamawan dan sebagainya."

TK mengaku, sangat bersyukur bisa bersahabat dengan mereka yang secara ideologi maupun politik punya jalan berbeda. "Seperti ketika saya dapat berkunujung dan bersilaturhim dengan ustas Abu Bakar ba'syir di pesantren Ngruki Sola Jawa Tengah beberapa waktu lalu." Kata Taufiq Kiemas sebagaimana dilansir Metrotvnews 8/6/2013.

Walau sedang bermasalah dengan hukum mantan Ketua umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum juga menyampaikan duka. "Tuips, mari kiri doa untuk alm. Bpk. H. Taufiq Kiemas, Smoga dimuliakan di sisi-Nya. Al-fatihah. Amin. begitu tulis Anas melalui akun Twitte-nya, Sabtu (8/6) malam.

KISAH RUMAH TANGGA TAUFIQ KIEMAS dengan MEGAWATI SOEKARNOPUTRI

"Megawati memiliki dua orang putra dari suami pertamanya, Letnan Satu Surindro. Kedua putranya itu bernama Mohammad Rizki Pratama dan Mohamad Prananda Prabowo. Suami Megawati meninggal dalam kecelakaan pesawat TNI AU, Skyvam T-701 di perairan Biak, Irian Barat pada 22 Januari 1970.

Setelah menikah dengan Taufiq Kiemas, Megawati dikarunia seorang putri bernama Puan Maharani Nakshatra Kusyala," demikian tulis liputan6.com, 9 Juni 2013
Ronamasa