Edward Snowden Minta Suaka Pada Rusia

7/17/2013
Pemerintah Rusia mengatakan pembocor rahasia intelejen Amerika Serikat, Edward Snowden, telah mengajukan suaka sementara di Rusia.

Badan migrasi federal memastikan ia telah mengisi dokumen yang diperlukan di bandara Sheremetyvo, Moskow. tempat ia tinggal dalam tiga minggu terakhir.

Edward Snowden
Edward J Snowden bersama Perwakilan HAM Wikileaks,
Sarah Horrison (kiri) di airport Sheremetyevo, 12 juli 2013
(Foto: Reuters/Human Rights/Handout)
Snowden tidak memiliki dokumen perjalanan sehingga tidak dapat menerima tawaran suaka dari sejumlah negara Amerika Latin.

"Ia telah mengamnbil keputusan bahwa ia perlu mengajukan suaka sementara dan langkah inilah yang telah ia lakukan," kata Anatoly Kucherena, kuasa hukum yang memiliki hubungan kuat dengan Kremlin.

Kuchrenena membantu Snowden mengisi dokumen yang diperlukan.

"Untuk saat ini, ia tidak akan pergi kemana pun. Saat ini ia merencanakan tinggal di Rusia," katanya.

Bila permintaan ini diterima, Snowden dapat bekerja dan bergerak secara bebas di Rusia, kata kuasa hukum itu.

Kantor berita Interfax mengutip seorang petugas migrasi yang mengatakan pengajuan seperti itu akan dipertimbangkan dalam tiga bulan.

Sementara itu juru bicara mengatakan keputusan memberikan suaka ini berada pada tangan badan Migrasi bukan presiden Rusia Vladimir Putin.

"Bila kita membicarakan suaka sementara, maka ini bukan isu (yang harus diputuskan presiden namun oleh badan migrasi federal," kata juru bicara Putin, Dmitry Peskov. (BBC,16/7/2013)
Ronamasa