Inilah Malala Yousafzai Remaja Wanita Pemberani Pakistan Perjuangkan Hak Wanita Sekolah

7/13/2013
Remaja Pakistan Malala Yousafzai berusaha dibunuh oleh Taliban Pakistan. Malala Yousafzai (15) mendapat kesempatan berpidato di Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pidatonya di PBB merupakan yang pertama kali setelah berusaha di bunuh oleh kelompok bersenjata Taliban Pakistan.

Pidato putri dari Ziauddin di markas PBB juga disaksikan Ketua Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon yang dihadiri sekitar seribu siswa dari belahan dunia. Ia mengatakan bahwa pendidikan adalah satu jalan untuk memperbaiki kehidupan.

Malala Yousafzai adalah tiga bersaudara putri dari Ziauddi ditembak Taliban bersenjata pada 9 Oktober 2012. Sebelum berobat di Inggris dirawat di Rumah Sakit Saidu Sharif Teaching di Swat Valley, Barat Laut Pakistan demikian diberitakan Reuters Juma'at (2/7/2013).

Malala Yousafzai
Malala Yousafzai ketika berpidato di Markas PBB New York, 12 Juli 2013
(Foto: Reuters/Brendan McDermid)

Akibat luka tembakan dideritanya parah Malala kemudian dirawat di Rumah Sakit Queen Elizabeth, Birmingham, Inggris dan tiba di London pada 4 Februari 2014

Malala Yousafzai bersama keluarga
Malala bersama ayahnya Ziauddin dan kedua adiknya, Khushal Khan dan Atal Khan (kanan), di Rumah Sakit Queen Elizabeth di Birmingham photo diambil pada 25 Oktober 2012 dan rilis 25 Oktober 2012 (Foto: Reuters/Queen Elizabeth Hosipital Birmingham/Handout)
Ronamasa