Profil Adly Mansour Pengganti Presiden Mesir Terguling

7/06/2013
Presiden Mesir Mohammad Mursi yang terpilih melalui pemilihan presiden secara demokrasi tahun 2012 digulingkan secara paksa oleh Militer pada Kamis (4/7). Kepala Mahkamah Konstitusi Adly Mansour dipercayakan sebagai presiden interim

Adli Mansour Presiden Mesir Interim
Adli Mansour (Foto: Al Jazeerah)

Adly Mansour lahir 23 Desember 1945 seorang Fakultas Hukum Universitas Kairo tahun 1967 dan meraih gelar master tahun 1969 (tempo.co,4/7/2013) akan menggantikan jabatan suami dari Najlla

Presiden Mesir digulingkan militer setelah tidak mampu mencapai kesepakatan dengan oposisi dalam batas waktu 48 jam untuk mengatasi kisruh keamanan negara. Muhammad Mursi dilantik menjadi presiden Mesir pada 30 Juni 2012 untuk masa jabatan selama empat tahun tidak mampu menjalin kebersamaan dengan Kelompok Tamarrud (pemberontak) yang merupakan kelompok muda memprakarsai petisi.

Ayah tiga anak memulai karir di Departemen Kehakiman sejak 1970 dan diangkat menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung tahun 1992. Pada 1 Juli 2013 kemudian diangkat menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi.

Adly Mansour yang meraih beasiswa ke Ecole National de I'Administation Pranci pada pemerintahan presiden Husni Mubarak menjabat sebagai Hakim. Dia mengawali karirnya di pengadilan Agama. Mansor bertugas memberikan fatwa atau maklumat tentang ketaatan serta berkipraj di pengadilan perdata dan pidana.

Mansour membantu rancangan undang-undang pengawasan pemilihan presiden Mursi berkuasa pada tahun 2012, termasuk menetapkan jangka waktu untuk kampanye pemilu.
Ronamasa