Profil Prabowo Subianto

12/29/2013
Prabowo Subianto lahir di Jakarta 17 Oktober 1956 anak dari Sumitro Djojohadikusumo dengan Dora Sigar asal Medan Sumatra Utara. Prabowo Subianto menikah dengan anak presiden RI Soeharto, Siti Hediati Hariyadi Soeharto tanggal 8 Mei 1993 di Pendopo Agung Sasono Utomo Jakarta. Hasil pernikahannya dengan alumni Universitas Indonesia kelahiran Semarang 14 April 1959 dikarunia seorang anak bernama Didit Hediprasetyo. Prabowo Subianto yang saat ini sudah bercerai dengan Siti Hediati Hariyadi memilih bertempat tinggal di Bukit Hambalang, Bogor Jawa Barat.

Prabowo Subianto yang pensiun dari karir militern sebagai anggota TNI sebagai Pangkostrad dan Danjen Kopassus beberapa bulan setelah era reformasi adalah salah seorang pendiri Partai Gerindra yang didirikan bersama Hashim Djojohadikusumo, Fadli Zon dan Muchdi Pr dan mendeklarasikan pada 6 Februari 2008.

i Bukit Hambalang, Bogor Jawa Barat

Prabowo Subianto semaktu SMA diAmerican London, UK dan Kopassus (Foto: situs Gerindra)

Setelah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas (SMU) di American School di London, UK dengan predikat lulusan terbaik Prabowo mendapat tawaran dari George Washington University. Namun Prabowo yang ketika itu masih berusia 17 tahun menolak surat tawaran tertanggal 26 Maret 1968 tersebut karena ingin melanjutkan pendidikan di Akademi Militer.

Cita-cita ingin menjadi seorang prajurit TNI akhirnya terwujud dan lulus AKABRI Magelang setelah menempuh pendidikan selama empat tahun (1970-1974). Ia kemudian melanjutkan studi pada Sekolah Staf Dan Komando TNI-AD.

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto (Foto: Tempo/Dasril Roszandi)
tinggal di Bukit Hambalang, Bogor Jawa Barat

Menjelang pemilu Legislatif April 2014 dan Pemilu presiden Juni 2014 Prabowo gencar melakukan kampanye sebagai calon presiden periode RI periode 2014-2019 dengan slogan "Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi"

Setelah pensiun dan bermukim di Yordania naluri berkecimpung di dunia politik kembali dan mendirinkan Partai Gerinda (Partai Gerakan Indonesia Raya). Partai Gerindra yang didirikan bersama tokoh politiknya mendapat respon positif dari pemilih pada pemilu legislatif tahun 2009.

Partai Gerindra berdiri sebagai salah satu Partai Politik dengan visi menjadi partai politik yang mampu menciptakan kesejahteraan rakyat, keadilan sosial, dan tatanan politik negara yang melandaskan diri pada nilai-nilai nasionalisme dan religiusitas dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada pemilu legislatif periode 2009-2014 Partai Gerindra mendapat kepercayaan pemilih sebesar 4.646.406 atau 4,46 % dan berada diurutan ke 8 dari 36 Parpol peserta pemilu kedua sejak era reformasi 21 Mei 1998. Namun Perolehan suara Partai bernomor urut 5 pemilu secara nasional setelah Keptusan MK sebesar 4.624,795 atau 4,46 %

Dengan perolehan suara partainya Prabowo mantan menantu penguasa orde baru presiden Soeharto ini maju sebagai calon wakil presiden berpasangan dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berada diurutan kedua. Pemilu presiden yang diikuti tiga pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto bernomor urut 1 memperoleh suara sebesara 26,79 % atau 32.548.105 suara
Ronamasa