Jalan-Jalan ke Museum Asi Mbojo Bima, NTB

1/08/2014
Musim Asi Mbojo Bima terletak sekitar 50 meter dari jantung pusat perbelanjaan masyarakat kabupaten dan Kota Bima. Di dalam kompleks Musium Asi Mbojo Bima yang dibuka setiap hari pengunjung dapat berwisata dan akan dipandu oleh petugas yang akan menjelaskan tentang perjalanan raja-raja Bima dan keberadaan benda-benda sejarah peninggalan yang terpampang dalam ruangan. Di museum pengunjung dapat melihat keris asli Raja Bima Bima serta Baju Besi sebagai tameng melawan penjajahan Belanda dan Jepang.

Bagi pelancong yang datang dari luar kota melalui bandara Sultan Muhammad Salahuddin Palibelo Bima yang ingin berwisata di Museum Asi Mbojo Bima hanya sekitar 20 menit menggunakan kendaraan roda dua. Di musim Asi Mbojo pengunjung dapat melihat langsung binatang Rusa

Museum Mbojo
Musim Asi Mbojo Bima tampak dari kompleks pemakaman raja Bima di Dana Traha Dara
2/11/2013. (Foto: Ronamasa/Ahyar)

Museum Asi Mbojo
Musim Asi Mbojo Bima tampak dari depan lapangan Merdeka Kota Bima,
Rabu 2/11/2013 (Foto: Ronamasa/Ahyar)

Di Musim Asi Mbojo Bima ini Bupati Bima H. Ferry Zulkarnain ketika masih hidup diangkat menjadi raja Bima XIV yang dihadiri kerabat nusantara dan dunia lainnya pada hari Kamis, 4 Juli 2013.

Museum Asi Mbojo Bima
Musim Asi Mbojo Bima tampak dari depan kompleks pusat perbelanjaan Kota Bima
Sabtu, 2/11/2013. (Foto: Ronamasa/Ahyar)

Pada haru Rabu 5 April 2006 Kabupaten Bima dikunjungi presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang akan melakukan kunjungan kerja menabur benih ikan Tawes di Dam Pela Parado yang mulai dibangun pada tahun 1999 diatas lahan seluas lebih dari 4 ha. Sebelum melanjutkan ke Doro Peti Kabupaten Dompu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu negara Ny. Ani Yudhoyono dan rombongan bermalam di Kota Bima.

Museum  Bima, NTB
Musim Asi Mbojo Bima tampak dari sebelah utara, 2/11/2013
(Foto: Ronamasa/Ahyar)

Artikel lainnya

Kerabat Raja Nusantara dan Dunia Hadiri Pengukuhan Ferry Zulkarnain Sebagai Raja Bima XVI
Sejarah Pemerintahan Kabupaten Bima, NTB Sejak Masa Orde Baru
Nama-Nama Desa dan Kecamatan di Kabupaten Bima, NTB
Profil Ferry Zulkarnain Bupati Bima
GIA Kepak Sayap di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima
Ronamasa