Ronamasa Gunung Legenda Desa Tonggorisa Palibelo Bima

9/07/2012
Ronamasa merupakan nama sebuah gunung/bukit yang sangat akrab sekali dengan masyarakat Tonggorisa yang berada di salah satu Desa di Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Gunung yang terletak di sebelah selatan bukit Donggo Na,e ini hingga sekarang oleh sebagian masyarakat yang sudah bermukim turun temurun di sebelah timur Desa Toggondoa masih mengganggap gunung ini angker.

Gunung Ronamasa banyak ditumbuhi pohon loka (bahasa bima). Buah pohon Loka yang sebesar buah pinang dan jika sudah sudah matang berwarna merah menyala ini dapat dimakan orang dan rasanya manis. Selain pohon loka yang berbuah pada musim hujan ini juga ditumbuhi pohon Garoso Mbojo (surikaya-Bima), dan pohon jati.

Desa Tonggorisa,Palibelo Bima
Perkampungan Desa Tonggorisa terlihat dari atas Doro (bukit)
Rade Ruma Saninu di sebelah barat Desa Tonggorisa
(Foto: Ahyar)
Tonggorisa yang terletak sekitar 4 km disebelah timur bandara udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima terbentuk sejak ratusan tahun silam. Sebelum pemekaran desa yang diatur Perda Kabupaten Bima Tahun 2012 Desa Tonggorisa terdiri dari tiga wilayah dusun yang terpisahkan bukit. Tiga dusun Desa Tonggorisa yang diatur dan ditetapkan sebagai desa berdasarkan Perda Kabupaten Bima Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pemekaran Desa menjadi Desa Tonggondoa, Desa Tonggorisa dan Desa Ragi.

Konon berdasarkan cerita-cerita orang-orang tua di kampung Tonggorisa di gunung Ronamasa terdapat sebuah gua yang di dalamnya terdapat emas. Namun gua tersebut tidak dapat dimasuki orang karena sudah dijaga seekor ular besar.

Pada hari Jum'at, 13 Juli 2012 Ronamasa saya abadikan sebagai pengganti nama Ahyar Blog. Ronamasa bagi saya bukan hanya sekedar nama gunung kesohor di sebelah utara kampung Tonggorisa. Akan tetapi selain itu mempunyai arti tersendiri bagi saya. Ronamasa yang dalam hal ini saya maknai dalam bahasa daerah Bima adalah Ro (Roci) Na (Mena) Ma (Mai) Sa (Ta Samakai ku). Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia Ronamasa (Roci Mena Mai ta Samakai) akan bermakna Ayo Cepat Kita Bekerja Bersama-sama.

Namun belum beberapa jam Ronamasa online ternyata sudah banyak juga yang mempunyai nama Ronamasa salah satunya saya istilahkan tukang ngekorin online internet. Cara ini merupakan salah satu trik menjiplak halaman url online internet untuk mencoba mengalihkan url sehingga pengguna akan landing pada website yang mereka rencanakan tersebut.

Orang-orang yang dapat melakukan hal semacam ini bukan sembarang orang akan tetapi hanya bagi mereka yang telah memiliki keterampilan khusus di dunia teknologi online internet. Trik ini mereka gunakan untuk mencoba mengarahkan pengguna web browsing pencari kata/kalimat tersebut pada situs online tertentu. Mereka mendapatkan informasi tentang prilaku online pengguna yang menjadi sasaran pelacakan (track) dari web tracking yang dipakai pengguna bersangkutan. Semua web browsing dunia online internet akan merekam dan menyimpan jejak pengguna dalam riwayat penjelajahan pengguna bersangkutan.

Artikel lainnya

Cara Melaporkan Blog Spam Pada Google
Cara Mendapatkan Goole Site Verifikasi Meta Tag Blog
Cara Membuat Search Box Blog Agar Dapat Berfungsi Dengan Akurat
Sejarah Pemerintahan Kabupaten Bima, NTB Sejak Masa Orde Baru
Cara Mengirim Pesan Komentar Visitor Blog Langsung Masuk Pada Akun Email Teman
Sedikitnya 12 Perbedaan Tampilan Antarmuka Blogger Baru Dengan Antarmuka Blogger Baru
Ronamasa