Kebanyakan Warga Amerika Anggap Pembocor NSA Sebagai Seorang Patriot Daripada Penghianat

6/15/2013
Pada survei ini sebanyak 23 porsen menyatakan mantan pegawai contraktor NSA (National Security Agency) Snowden sebagai penghianat sementara 31 porsen mengatakan dia seorang patriot. 46 porsen lainnya mengatakan tidak tau.

Snowden
Snowden pembongkar rahasia NSA Amerika Serikat
(Foto: Reuters)
Snowden, 29, hari Minggu lalu membocorkan rahasia bahwa NSA memonitoring lubang besar aktifitas telepon dan internet sebagai bagian dari usaha melawan teroris.

"Saya bukan penghianat dan pahlawan. Saya seorang warga Amerika," Snowden mengatakan pada South China Post, sebuah koran berbahasa Inggris di Hong Kong pada saat wawancara yang dipublikasikan hari Rabu demikian dilansir Reuters.

Snowden mengatakan kepada South China Post dia berkeinginan tinggal di Hong Kong dan berusaha melawan segala upaya ekstradisinya untuk menghadapi usaha legal Amerika Serikat.

Survei online pada 645 orang Amerika diselenggarakan pada hari Selasa dan Rabu. Tingkat kepercayaannya plus atau minus 4.4 porsen poin untuk setiap hasil.

Snowden pertama kali mengungkapkan bocoran kepada media Inggris The Guardian dan media Amerika Serikat The Washington Post.

Pada Reuters/lpsos poll, 35 porsen survei ini mengatakan Snowden tidak harus menghadapi tuntutan hukum sedangkan 25 porsen mengatakan dia harus diadili sepenuhnya sesuai hukum. 40 porsen lainnya mengatakan tidak tau, demikian diberitakan Reuters.com, Jum'at (14/6/2013)

Survey online yang dilakukan hari Selasa pada ditutup hari Rabu diikuti sebanyak 645 orang Amerika Serikat

Reuters/lpsos diselenggarakan sejak bocornya diungkapnya hari Selasa lalu ditemukan pembagian jasa program pengawasan NSA

Sebanyak 45 porsen survey ini mengatakan program dapat diterima dalam kewajaran sedangkan 37 porsen mengatakan sepenuhnya tidak dapat diterima, temuan polling. Hanya 6 porsen mengatakan mereka tidak keberatan program itu

(Reuters)
Ronamasa