Menikmati Indahnya Panorama Sunset Tambak Bandeng dan Tambak Garam Bima

8/01/2013
Panorama alam matahari memancarkan sinar keemasan ketika beranjak tenggelam dibalik penggunungan dari atas jalan lintas Doro Belo Panda Bima. Dari atas jalan tanjakan dan tikungan pengguna jalan dapat melihat arus lalu lintas penerbangan yang take off dan landing di Bandara Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

Sunset Bima
Panorama sunset di tambak Garam dan tambak ikan Bandeng (milkfish) di Desa Belo Kecamatan Palibelo, Bima NTB tampak dari jalan lintas Doro Belo - Panda diambil 28 Februari 2010 pada saat cuaca mendung dan hujan gerimis. (Foto: Ronamasa/Ahyar).

Jalan lintas Doro Belo yang kini sudah menjadi jalur lintas utama kendaraaan roda dan roda empat ini dibangun sejak Bupati Bima Zainul Arifin. Namun memasuki masa Bupati Bima Ferry Zulkarnain dan wakilnya Usman AK jalurnya dirubah karena sering terjadi kecelakaan hingga merenggut nyawa.

Sunset jalan lintas Doro Belo-Panda Bima
Sunset matahari dari atas jalan lintas doro Belo-Panda, 28/2/2010
(Foto: Ronamasa/Ahyar)

Garam dan bandeng produksi tambak yang berada di wilayah Kecamatan Palibelo dan kecamtan Woha Kabupaten Bima memiliki rasa berbeda dengan daerah lain yang ada di kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Sumabwa. Produksi garam yang ada diwilyah ini tidak hanya untuk konsumsi masyarakat provinsi NTB saja akan tetapi juga di ekspor. Beberapa provinsi yang menjadi tujuan ekspor lintas provinsi, Nusa Tenggara Timur hingga pulau Kalimantan dan Sulawesi menggunakan kapal laut.

Pada jalan tanjakan dan tingkungan ini kini terdapat restoran Seafood. Restoran Seafood BBA dikelola seorang pengusaha restoran yang sudah berpengalaman di Bali bertahun-tahun. Pengguna jalan juga tidak perlu khawatir akan keamanan karena sekitar 1 km terdapat kantor Polres Kabupaten Bima yang berada di Desa Panda Kecamatan Palibelo.

Sunset jalan lintas Doro Belo-Panda Bima
Sunset matahari dari atas jalan lintas doro Belo-Panda, 28/2/2010
(Foto: Ronamasa/Ahyar)

Untuk menjaga keawetan dan tertibnya berlalu lintas pemerintah Kabupaten Bima berkerja sama dengan pihak kepolisian Kabupaten Bima telah menetapkan aturan. Kendaraan besar seperti bus umum, truk dan truk besar tidak diperbolehkan lewat di jalan yang kini sudah diaspal buton.

Sementara kendaraan umum bus dan kendaraan truk dari arah Kota Bima dengan tujuan Sumbawa Tano melintas dijalan dipinggir pantai. Pada jalan yang sudah ada sejak jaman koloni Belanda terdapat Hotel Kalaki Beach dan tempat wisata bahari masyarakat Bima di Pantai Kalaki
Ronamasa