Venezuela dan Nikaragua Tawarkan Suaka Kemanusiaan Pada Edward J Snowden

7/07/2013
Snowden, 30 saat diyakini masih berada di wilayah transit bandara internasional Sheremetyevo Moskow dan sedang berusaha mencari negara untuk suaka politik. Mantan Agen kontraktor Agen NSA Amerika Serikat mendarat di Rusia dari Hong Kong pada tanggal 23 Juni 2013.

Presiden Nikaragua, Daniel Ortega mengatakan menerima permintaan suaka politik Snowden "jika keadaan memungkinkan"

Presiden Nikaragua, Daniel Ortega
Presiden Nikarugua, Daniel Ortega pada 8 Februari 2013. (Foto: Reuters/Oswaldo Rivas)

Nikaragua sudah menerima permintaan suaka dari pengungsi mantan Agen mata-mata Amerika Serikat Snowden dan tawaran akan diterima "jika keadaan memungkikan"," kata Presiden Nikaragua, Daniel Ortega Jum'at (Nicaragua has received an asylum request form fugitive former US spy Agency contractor Edward Snowden and could accept the bid "if circumtances permit,").

"Kami adalah negara terbuka, sangat menghargai hak suaka, dan itu jelas jika keadaan memungkinkan, kami dengan senang hati menerima Snowden dan memberinya suaka di Nikaragua," kata Ortega ketika berbicara di ibukota Nikaragua, Managua. ("We are a open country, respuctful of the right of asylum, and it's clear that if circumtances permit, we would gladly receive Snowden and give him asylum in Nicaragua,") sebagaimana dilansir Reuters.com (6/7/2013).

Sebuah perang dingin musuh bebuyutan Amerika Serikat, Ortega adalah anggota sayap kiri di Amerika Latin yang selalu menentang posisi antagonis terhadap Washington.

Nikaragua adalah negara miskin di Amerika, mendapatkan sumbangsih keuangan dari Venezuela dan Ortega adalah sekutu setia pemimpin Venezuela Hugo Chavez

Presiden Venezuela, Nicolas Maduro
 Presiden Venezuela Nicolas Maduro (Foto: Reuters/Mira Flores Place/Handout via Reuters)

"In the name of American dignity ... I have decided to offer humanitarian asylum to me Snowden," Madoro told a military parade marking Venezuela's independence day. (Atas nama martabat Amerika Serikat ... Saya memutuskan untuk menawarkan suaka kemanusiaan kepada Snowden, kata Maduro pada parade militer Hari Kemerdekaan Vevezuela)

"He is a young man who has told the truth, in the spirit of rebelion, about the United States spying on the whole world." (Dia adalah anak muda yang berani mengatakan kebenaran, dengan semangat tentang spionase yang dilakukan Amerika Serikat terhadap sejumlah negara di dunia), demikian diberitakan Reuters.com (6/7/2013)

Saat ini Snowden berada di area transit di bandara Sheremetyevo Moskow yang merupakan daerah netral. dan jika dia pergi akan melalui pemeriksaan pasport. Sementara kewarganegaraan Snowden sudah dicabut oleh negara asalnya Amerika Serikat.

Hal itu tidak dijelaskan bagaimana reaksi Snowden terhadap tawaran Maduro's ataupun bagaimana mencapai Venezuela jika dia menerimanya.

Untuk mencapai Venezuela pesawat harus transit di Kuba

Tidak ada penerbangan komersial langsung antara Moskow dengan Caracas, dan rute yang biasa melibatkan pergantian pesawat di Havana. Hal ini tidak jelas apakah pemerintah Kuba akan mengijinkan transit, bagaimanapun, dan tidak ada tanda-tanda bahwa Snowden terbang ke Havana pada hari Sabtu
(Reuters.com)
Ronamasa